Minggu, 23 November 2008
AMD Kembali Menyaingi Intel dengan Shanghai yang Impresif
dipostingan oleh Vicky Mahendra
jam 10.19

Setelah hampir satu tahun lalu meluncurkan Phenom yang banyak bermasalah, AMD sekali lagi mengeluarkan produk barunya Shanghai untuk kembali bersaing dengan Intel yang baru-baru ini meluncurkan Core i7 berarsitektur Nehalem yang berkinerja tinggi. Mengatakan bahwa produk ini akan menjadi penentu masa depan AMD tidaklah berlebihan, setelah mengalami kerugian besar dalam beberapa kuartal terakhir, peluncuran produk ini sangat penting bagi AMD yang berusaha untuk memulihkan kepercayaan pelanggan dan merebut kembali pangsa pasarnya yang tergerus.




Shanghai adalah versi 45nm dari Barcelona yang memiliki cache L3 sebesar 6MB (naik dari 2MB), menggunakan HyperTransport 3.0 yang mampu mengantarkan bandwidth sebesar 17,6GB/s dan secara resmi mendukung DDR2-800. AMD mengeluarkan dua CPU Opteron quad-core sebagai CPU pertama yang menggunakan teknologi Shanghai untuk mengantarkan berbagai kelebihan:
  • Hemat daya dengan teknologi Smart Fetch yang mampu me-non-aktifkan core yang tidak terpakai. Shanghai memiliki kinerja per watt sekitar 12% lebih baik dibandingkan Barcelona dan 28% hingga 47% lebih efisien dibandingkan sistem berbasis Intel
  • Kapabilitas virtualisasi yang lebih baik
  • Integrated memory controller yang diperbaharui, kini dapat membagi dirinya menjadi dua kanal 64-bit dari satu kanal 128-bit sehingga dapat melakukan read/write secara parallel, walaupun tentunya bandwidth total yang setiap kanal menjadi setengah dari semestinya
  • Kinerja yang lebih baik, AnandTech mengatakan bahwa mereka "cukup terkejut Shanghai mampu menyamai, atau dalam beberapa kasus bahkan melampaui Intel Harpertown (Xeon) dalam beberapa benchmark."
AMD berencana untuk mulai memperkenalkan produk Opteron 6 core "Istanbul" tahun depan sedangkan CPU desktop 45nm Deneb akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini. Akan tetapi, seperti apa yang dikatakan Custom PC, CPU baru AMD ini masih akan sulit menyaingi Intel Core i7 yang baru dirilis kecuali apabila AMD mengurangi harga jualnya secara drastis.

Label:


0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
Waktu

cuit...cuit...
Profil
Profil Facebook Vicky Mahendra
Buat lencana kamu sendiri
posting
ngobrol

kunjungi juga blog ini ya^^



ehm...ehm...
wah.....
Aduch....




blog-indonesia.com 100 Blog Indonesia Terbaik
huk...huk...
Palanta - Ekspresikan Dirimu Melalui Blog
rumah blogger


Blogger Indonesia

BLOGGER




exchange(ambil disini)
---->LiNK<-----

--->BaNnER<---








 

© 2008 dirancang oleh VICKY   catatan vicky