Selasa, 13 Januari 2009
10 Tokoh Teknologi 2008
dipostingan oleh Vicky Mahendra
jam 12.01
udah bnyk bgtz orang yang berjasa di dunia maya nih.begitu banyak sumbangsih mereka kepada kehidupan orang banyak..dari yang tidak iptek menjadi iptek....well.aku ambil dari situs iptek

udah saatnya kita memberikan perhormatan buat mereka


10. Jason Kilar — CEO, Hulu



Memimpin situs video yang didukung oleh penyedia video dan konten media besar (NBC Universal, News Corp.) dapat mendatangkan sakit kepala, perkembangan Hulu selama 2008 sangatlah menakjubkan. Situs ini telah menjadi cukup besar untuk memaksa YouTube memulai bisnis baru serta menjadi pelopor cara menonton TV secara online.

Kilar begabung dengan Hulu dari Amazon.com di mana ia mengembangkan bisnis video perusahaan dan memimpin usaha perusahaan dalam mengembangkan perangkat lunak. Comscore memperkirakan Hulu memiliki 24 juta pengunjung unik yang menonton lebih dari 235 juta video dalam sebulan.

9. Jonathan Ive — Senior Vice President of Industrial Design, Apple

ive

Apple adalah Steve Jobs dan Steve jobs adalah Apple. Ini adalah kesan yang disampaikan Jobs saat menyampaikan pidatonya. Sebuah ide produk yang hebat? Dicetus oleh Steve Job. Desain hebat? Jobs yang mendesainnya. Meskipun ada persepsi seperti itu, kita tahu bahwa ini tidak selalu terjadi.

Ada sejumlah orang di perusahaan Apple yang memberikan kontribusi kepada suksesnya Apple dan layak mendapatkan publikasi, namun tetap berada di balik layar. Skenario ini akan berubah, cepat atau lambat. Bukan Phil Schiller yang akan meneruskan tugas Jobs, melainkan guru desain Jonathan Ive. Perusahaan seringkali dikenali karena memiliki fokus pada desain dan hal ini jelas sangat penting untuk perusahaan. CEO Apple yang selanjutnya harus memiliki hasrat yang tinggi terhadap desain, untuk itu Jonathan Ive berada di sana.

8. Evan Williams — Co-founder dan CEO, Twitter

williams

Sukses di internet seringkali dibangun berdasarkan persepsi. Williams merupakan seorang pakar dalam menciptakan persepsi selama tahun 2008. Pertumbuhan Twitter selama 2008 membuatnya menjadi target akuisisi bernilai $500 juta oleh Facebook, tetapi pada akhirnya ditolak oleh Williams dan co-founder Jack Dorsey.

Padahal faktanya, Twitter jauh lebih kecil dari yang Anda kira: menurut Comscore, situs ini memiliki 5 juta pengunjung bulanan yang "hanya" menempatkannya pada jajaran 500 situs besar di seluruh dunia. Tetapi pertumbuhan Twitter sangatlah mengagumkan, jumlah pengunjung Twitter bertambah tiga kali lipat setiap bulannya.

Twitter baru-baru ini berhasil mendapatkan dana sebesar $15 juta serta terus berkembang menjadi situs jejaring sosial besar selama tahun 2008.

7. Mark Hurd — CEO, Hewlett Packard

hurd

Saat Mark Hurd menerima tugas sebagai CEO HP pada tahun 2005, tidak lama setelah perusahaan mendepak Carly Fiorina, harapan akan perusahaan tersebut cukup rendah. Penjualan yang terus turun serta moral yang rendah, juga skandal yang muncul membawa HP memasuki masa kelam.

Namun mantan CEO NCR ini mampu mengembalikan kejayaan HP, mengalahkan Dell dalam penjualan PC dan IBM dalam penjualan server, mengembangkan layanan secara organik dan menutup akuisisi EDS senilai $14 milyar. Walaupun beberapa minggu lalu HP mengumumkan rencana pemecatan karyawan secara global, perusahaan ini tetap merupakan satu dari sekian perusahaan IT yang paling sehat di seluruh dunia.

6. Steven Sinofsky — Senior Vice President, Windows and Windows Live Engineering Group, Microsoft

sinofski

Apakah Anda ingin tragedi Windows Vista terulang kembali? Steven Sinofsky memiliki tugas yang tepat. Windows Vista merupakan sebuah kegagalan bagi Microsoft, menyebabkan tergerusnya pangsa pasar Microsoft dengan kecapatan yang belum pernah terlihat dalam sejarah Windows. Pangsa pasar Windows saat ada ada pada titik terendah dalam 15 tahun terakhir.

Pada awalnya Sinofsky tidak disambut baik saat mengatakan bahwa Windows 7 akan ini dibangun di atas Vista, namun sejak saat itu ia telah mengubah Windows kembali menjadi OS yang mungkin dicintai banyak penggunanya setelah Vista. Sinofsky mewakili generasi baru dari pemimpin Microsoft yang memberikan sinyal perubahan pada bisnis Microsoft dan strategi produk.

5. Mitchell Baker — Chief Lizard Wrangler, Mozilla

bakerA

Tahun yang luar biasa untuk Mozilla. Mitchell Baker, Chairwoman Mozilla merupakan kesayangan Silicon Valley selama 2008. Kehadirannya sangat penting bagi terciptanya Mozilla Foundation saat AOL menutup divisi Netscape dan mengurangi keterlibatannya dalam proyek Mozilla 5 tahun yang lalu. Baker telah memimpin Mozilla untuk melalui masa-masa sulit. Produk utamanya, Firefox, terus merebut pangsa pasar dari IE.

Browser yang satu ini kini digunakan oleh lebih dari 20% komputer yang terhubung dengan internet. Baker merupakan figur kunci bagi Mozilla dan internet selama tahun 2008.

4. Andy Rubin — Director of Mobile Platforms, Google

rubin

Rubin yang sebelumnya mantan insinyur Apple dan pendiri Danger, melihat besarnya potensi sistem operasi Google Android untuk ponsel pintar.

Sebelum bergabung dengan Google, Rubin membuat Android sebagai sistem operasi open source untuk MID, namun Google dengan cepat menyadari potensinya dan mengakuisisi perusahaan tersebut. Walaupun ponsel berbasis Android selain T-Mobile G1 masih belum tiba, Android ciptaan Rubin tetap merupakan saingan serius bagi sistem operasi iPhone milik Apple.

3. Bill Gates — Co-founder and Chairman, Microsoft

gates

Mungkin Gates tidak seharusnya ada dalam daftar ini karena ia tidak memiliki pencapaian besar selama 2008. Namun mengingat kontribusinya yang besar dalam industri teknologi, maka pengunduran dirinya dapat dianggap sebagai pencapaian sepanjang besar tahun lalu.

Ia mendirikan Microsoft pada tahun 1975 dan secara luar biasa membentuk industri komputer hari ini — mengubah PC menjadi sebuah barang komoditi. Tampaknya Gates belum akan hilang dari pentas teknologi dalam waktu dekat. Ia akan terus memberikan kontribusi terhadap dunia melalui yayasan amalnya juga melalui "bgC3".

2. Reggie Fils-Aime — President and Chief Operating Officer, Nintendo America

filsaime

Tiga tahun lalu hanya sedikit orang yang berani bertaruh pada Nintendo dalam perang konsol video game dengan Microsoft dan Sony. Saat itu Sony sangat dominan sedangkan Microsoft terus berkutat dengan arahnya dan Nintendo berakhir dengan sebuah perusahaan yang tidak diprediksi oleh semua orang.

Reggie Fils-Aime merupakan sosok kharismatik di balik suksesnya Wii di pasar A.S, mengalahkan Microsoft dengan perbandingan 3:1 dan Sony 5:1. Dari 34 juta total penjualan konsol, 15,5 juta di antaranya menyandang logo Wii. Wii dan DS membedakan dirinya dari para rival dengan menawarkan konsep dan konten unik yang berhasil menarik basis pengguna yang lebih besar dari pada game manapun.

1. Elon Musk — Co-founder, SpaceX; Chairman, Tesla; Chairman SolarCity

musk

Di urutan teratas, Elon Musk pendiri PayPal menjadi orang paling penting dalam dunia teknologi 2008. Musk memimpin pengembangan roket SpaceX, perusahaan mobil elektrik Tesla dan perusahaan energi solar SolarCity — tiga usaha besar tersebut mengubah masa depan teknologi AS.

SpaceX baru-baru ini menandatangani kontrak bernilai $1,6 milyar untuk menyediakan roket bagi NASA selama penerbangan 2009 sampai 2016. Tesla diperhitungkan sebagai pabrikan mobil elektrik paling menjanjikan di AS dan SolarCity dipercaya sebagai penyedia layanan energi solar terbesar di California.

Musk yang mendirikan SpaceX pada tahun 2002, merupakan pemilik dari Tesla dan investor utama di SolarCity. Hasil penjualan perusahaan yang ia dirikan berhasil meraup dana $307 juta dari Zip2 pada tahun 1999 dan $1,5 milyar dari PayPal pada tahun 2002. Musk berhasil menciptakan berbagai prestasi pada tahun 2008, dan masa depannya tampak cerah.

Label:


12 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
Waktu

cuit...cuit...
Profil
Profil Facebook Vicky Mahendra
Buat lencana kamu sendiri
posting
ngobrol

kunjungi juga blog ini ya^^



ehm...ehm...
wah.....
Aduch....




blog-indonesia.com 100 Blog Indonesia Terbaik
huk...huk...
Palanta - Ekspresikan Dirimu Melalui Blog
rumah blogger


Blogger Indonesia

BLOGGER




exchange(ambil disini)
---->LiNK<-----

--->BaNnER<---








 

© 2008 dirancang oleh VICKY   catatan vicky