Jumat, 17 April 2009
aku takut..................
dipostingan oleh Vicky Mahendra
jam 08.01
pada saat suatu hari ada orang yang mau mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri dari gadung bertingkat.ternyata pada saat melakukan niatnya yang dilihat orang banyak ternyata dia tidak tahu bahwa dia takut ketinggian.orang-orang yang melihatnya jadi tertawa karena dia mengurungkan niatnya karena takut ketinggian. aku ambil permasalahan ini untuk dijadikan postingan..tapi aku minta maap dulu baru bisa diupdate sekarang.karena kesibukan kuliah.

phobia tau gak?kata phobia kini sudah akrab terdengar ditelinga kita sebenarnya phobia itu ap sih? menurut nevid dalam bukunya "abnormal psychology in a changing world", phobia berasal dari kata yunani phobos yang berarti takut. takut merupakan perasaan cemas terhadap suatu ancaman. sedangkan menurut gerald c.davidson, kata phobia ini berasal dari nama dewa yunani phobos, yang takut pada musuh-musuhnya.

phobia merupakan suatu merupakan suatu mekanisme pelarian diri dari konflik-konflik bathiniah dari jiwa seseorang.mungkin ada sekitar 80 atau 100 macam phobia yang dikenal orang sekarang. phobia-phobia itu menyebabkan timbulnya
ketakutan yang absurd dan tak masuk akal. biasanya phobia-phobia tersebut berhubungan dengan pengalaman-pengalaman yang terpendam, yang ditekan dalam-dalam dan dilupakan.

pada saat tertentu, seseorang bisa merasa panik asalan yang tepat. misalnya, melihat mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi ketika kita sedang menyeberang jalan. kebanyakan dari kita meresponnya dengan berlari kencang menghindari mobil yang kencang itu.situasi seperti itu adalah normal. tetepi bagaimana bila kejadian sehari-hari yang tidak berbahaya juga mendatangkan respon yang sama? atau yang lebih buruk, jika anda mengalami kepanikan tanpa alasan yang jelas dan tanpa ada tanda-tanda sebelumnya?anehnya takut pada phobia ini adalah rasa takut terhadap peristiwa yang biasa saja dalam hidup.misalnya: takut naik mobil. naik mobil merupakan suatu hal biasa pada manusia pada umumnya. tetapi pada orang-orang phobia, naik mobil adalah hal yang mengerikan dalam hidupnya. hal-hal yang tidak dipikirkan orang lain lagi akan sangat menganggu bagi orang phobia.

banyak hal yang membuat seseorang mengidap phobia. tak sedikit yang disebabkan traumatis terutama yang terjadi dimasa kecil.phobia terjadi karena pikiran bawah sadar kita salah memberi arti terhadap peristiwa traumatis yang menyebabkan phobia.

ada pula phobia spesifik namanya. ketakutkan berlebihan pada objek atau situasi spesifik. misalnya takut ular, takut ketinggian.dan lainnya. phobia spesifik ini biasanya bermula pada masa kanak-kanak. rasa takut ini kemudian dikembangkan, ada yang berlalu, ada pula berkembang secara terus-menerus hingga menganggu kehidupan sehari-hari.


munculnya phobia berdasarkan umur


jenis-jenis phobia berbeda biasanya muncul pada usia yang berbeda pula. munculnya phobia berdasarkan usia ini tampaknya merupakan refleksi dari tahap perkembangan manusia dan pengalaman hidup seseorang. misalnya takut pada binatang memang fantasi anak-anak.
kasus phobia binatang seperti itu biasanya muncul usia 7 tahun. sedangkan phobia suntikan dan darah terjadi pada usia 8 dan 9 tahun pada kebanyakan orang. agrophobia yang merupakan kasus yang banyak terjadi, rata-rata muncul pada usia 28 tahun.pada masa remaja remaja, phobia yang muncul pada sebagian orang adalah phobia sosial dan claustrophobia yaitu pada usia 16 dan 20 tahun.

jenis-jenis phobia phobia yang umum
agrophobia: takut keramaian
trypanophobia: takut disuntik
zoophobia: takut binatang
hydrophobia: takut air
photophobia: takut cahaya
claustrophobia: takut akan ruangan sempit dan tertutup


bagaimana teman-teman blogger semua?ada yang terkena phobia gak?ayo sharing disini...?



Label:


27 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
Waktu

cuit...cuit...
Profil
Profil Facebook Vicky Mahendra
Buat lencana kamu sendiri
posting
ngobrol

kunjungi juga blog ini ya^^



ehm...ehm...
wah.....
Aduch....




blog-indonesia.com 100 Blog Indonesia Terbaik
huk...huk...
Palanta - Ekspresikan Dirimu Melalui Blog
rumah blogger


Blogger Indonesia

BLOGGER




exchange(ambil disini)
---->LiNK<-----

--->BaNnER<---








 

© 2008 dirancang oleh VICKY   catatan vicky