Kamis, 26 Maret 2009
apakah doa kita dikabulkan?
dipostingan oleh Vicky Mahendra
jam 09.22

pada saat pulang dari rumah saodara. sampai dikamar. aku pun melihat beberapa buku.dalam tumpukan. aku melihat buku sampul putih, seperti buku tulis isi tebal. dan akhirnya aku tahu.
bahwa buku itu adalah buku pesantren dan wirid remaja yang jadi program pemerintah dikota aku untuk SD SMP dan SMA. aku cukup bangga karena selain mendapatkan program mata pelajaran agama aku dapatkan itu diluar terutama dibulan ramadhan yaitu pesantren ramadhan.dan tiap malam minggu diluar bulan ramadhan wirid remaja buat SMA dan SMP dan didikan subuh buat SD.aku bahagia dizaman sekarang masih ada bekal buat generasi muda islam yang kelak memimpin negeri ini.

kemudian aku buka helai perhelai buku itu. sampailah pada halaman yang menjelaskan judul postingan ini tak lain aku postingan supaya menjadi pelajaran bagaimana doa yang dikabulkan oleh allah swt.dalam kehidupan pasti kita berdoa misalnya sebelum tidur, selesai sholat, maupun dimana pun.tapi apakah doa kita dikabulkan atau tidak padahal kita sudah sehari semalam untuk berdoa.tapi belum ada tanda-tanda dikabulkan mungkin berikut ini penyebabnya





1. tidak memenuhi hak allah
manusia beribadah pada allah sebagai tanda syukur atas nikmat duniawi yang telah diberikan bagi yang kufur maka
allah berjanji tidak akan mengabulkan doanya dengan mudah.

2. tidak mengamalkan al kitab
mungkin ini telah terjadi berulang-ulang kali.dimana orang sekarang lebih suka baca koran dibandingkan al-kitab.atau sebagainya
padahal dengan baca al-kitab kita akan terhindar dari segala bentuk kenistaan.

3.tunduk pada syetan
bagi orang yang memperturutkan hawa nafsunya maka allah tidak akan mengabulkan doa mereka. apalagi sampai bersekutu dengan kaum mereka.

4. menguburkan jenazah. tapi tidak mengambil pelajaran dari semua itu.
maksudnya mungkin hari ini kita menguburkan jenazah tapi mungkin besok atu lusa atau minggu atu bulan atu tahun depan kita
sendiri yang akan dikuburkan orang. apa kita siap dengan membawa amal kita?hanya orang keyakinan dan pegangan teguh beriman yang bisa melewati ini.

5. sering menyebut aib
mungkin secara tidak sadar sehari-hari kita sering menyebut aib seseorang dengan begitu jelas.
bahkan sampai mempergunjingkan sehingga kehidupan dia penuh dengan ketidaktenangan.
allah menegaskan aib perbuatan syetan.

begitulah 5 penyebab doa tidak dikabulkan. semoga kita mengambil hikmah dan pelajaran. dan semoga doa kita didengar dan dikabulkan oleh Allah swt. Amin


dikutip dari ceramah ramadhan dimushalaku pada 25 september 2007
dan diubah seperlunya



Label:


29 Comments:

    pada26 Maret 2009 09.59, Blogger Embong bilang…

    Setuju, tapi DOa yang kita panjatkan PASTI akan dikabulkan cuma mungkin masalah waktunya saja. Ada yg cepat tapi ada juga yg lama.

     

    pada26 Maret 2009 11.21, Blogger Newsoul bilang…

    Vick....mau tau crita ttg mengapa doa kt ada yg dikabulkan ada yg belum, liat di notes sy deh di FB (silahkan search: elle_1840@yahoo.com)

     

    pada26 Maret 2009 11.35, Blogger vicky bilang…

    @embong
    bener juga.tapi jika kita tak ada usaha.mungkin doa itu tak pernah dikabulkan
    @newsoul
    oke mbak aku lihat n

     

    pada26 Maret 2009 13.46, Anonymous Remba bilang…

    Hoi mau tukeran link sama aku ga !?

     

    pada26 Maret 2009 13.47, Anonymous Ovan bilang…

    Hoi tolong kunjungi blogku yach !

     

    pada26 Maret 2009 15.33, Blogger Inuel ^^ bilang…

    waduh,,buat instrospeksi ni,,hehehehheh,,bagus bgd postingnya,,
    semangaaaaaaaaatttttttttt!!

     

    pada26 Maret 2009 17.41, Anonymous Blogger Ceria bilang…

    OT dikit ah.. komennya lucu2..
    ada gambar gitu..?! :P

     

    pada26 Maret 2009 17.42, Blogger Narti bilang…

    mksh ada yg mengingatkan, buat instrospeksi diri n kel, masih banyak kekurangannya.makasih sharingnya vicky...

     

    pada26 Maret 2009 17.42, Anonymous vicky bilang…

    @remba
    oke mas
    @ovan
    oke aku kunjungi
    @inuel
    semoga bermanfaat^^

     

    pada26 Maret 2009 17.49, Anonymous vicky bilang…

    @blogger ceria
    hehehe.ya bgiutlah
    @narti
    ya sama2^^

     

    pada26 Maret 2009 17.57, Blogger HAPIA Mesir bilang…

    kita berdoa itu memiliki 3 kemungkinan :
    1. dikabulkan seketika itu juga.
    2. dijadikan tambahan pahala utk bekal di akherat kelak.
    3. diberikan susuatu yg lain sebagai pengganti yg kita minta.

    itu tiga (3) kemungkinan akan doa kita...nah...mana yg jelek?????
    tidak ada kan????
    maka dari itu Rosulullah -Sholallahu 'alaihi wasallam- melarang kita untuk berkata "aku telah berdoa sekian lama dan sekian banya akan tetapi belum dikabulkan juga".
    dan ingat juga akan perkara2 yg menyebabkan doa kita sama sekali tidak dikabulkan, diantaranya :
    1. pakaian yg kita kenakan ; apakah itu semua dari hasil yg halal???
    2. makanan yg kita makan; apakah itu juga dari hasil yg halal???
    jika jawaban kita adalah "ya" dan kita telah yakin bahwa smuanya halal...maka kemungkinan utk doa kita ada 3 di atas tadi.....
    wallahu a'lam

     

    pada26 Maret 2009 18.02, Blogger Semar Badranaya bilang…

    Tak ada salahnya kita berdoa aagr doa kita dikabulkan.
    Berbesar hatilah bahwa Dia Maha Mendengar apa yang makhluk sholeh-nya minta...

    (good posting sob... )

     

    pada26 Maret 2009 20.30, Blogger Gus DuL bilang…

    gitu aja kok repot :D

     

    pada27 Maret 2009 13.37, Anonymous didin bilang…

    berpransangka baiklah kepada Tuhan dan berdoalah hal-hal yang baik, Insya Allah akan terkabul do'a tersebut

     

    pada28 Maret 2009 11.03, Blogger SaNtri Blog bilang…

    blog nya riweuh euy....

     

    pada28 Maret 2009 11.15, Anonymous Yudhi bilang…

    Tuhan memang tidak selalu memberi apa yang kita minta tapi Tuhan selalu memberi apa yang kita butuhkan.

     

    pada28 Maret 2009 12.24, Anonymous musik komputer bilang…

    Saya kok lebih "sreg" klo kata "al-kitab" di artikel itu diganti dengan "Al-Qur'an dan Hadist" karena lingkup pembicaraannya lebih sempit.
    Hal yg lebih penting lagi untk terkabulnya doa adalah ADAB DALAM BERDOA :
    1. WAKTU : pilihlah waktu2 mulia dimana doa cepat diijabah oleh Allah SWT, yaitu 1/3 mlm terakhir, doa antara 2 kutbah Jumat, doa pada bulan Ramadhan, dll.
    2. SEBELUM BERDOA HENDAKLAH MEMUJI ALLAH SWT, dengan bacaan tasbih, tahmid, takbir.
    3. KEMUDIAN BERSOLAWAT KEPADA NABI
    4. BERDOA JGN BERLEBIHAN dan HARUS TAHU DIRI, misal : skrg gaji 1 jt jangan berdoa minta gaji 10jt..ya paling 2-3jt itu maih wajar.
    Demikian mudah2an bermanfaat..

     

    pada28 Maret 2009 12.28, Anonymous musik komputer bilang…

    ada yg ketinggalan...
    5. SEBELUM BERDOA BERWUDLU
    6. MENGHADAP KIBLAT DALAM BERDOA
    7. MENEGADAHKAN KEDUA TANGAN..menunjukkan kita serius dalam berdoa..
    8. KITA HRS YAKIN DOA KITA DIKABULKAN ALLAH SWT (tentunya syarat 1-7 terpenuhi dulu)..krn sesuai firman-NYA : AKU itu sebagaimana sangka hamba-Ku..

     

    pada28 Maret 2009 12.30, Anonymous vicky bilang…

    @mas hapia
    terima kasih mas atas tambahannya
    semoga berguna
    @semar
    benar mas.terima kasih
    @gus
    hahaha^^.gus nya aneh kommentnya
    @didin
    terima kasih mas atas tambahannya
    @santri blog
    terima kasih
    @yudhi
    bukannya yang kita minta yang kita butuhkan ya?
    @musik komputer
    bener bgtz mas.
    tapi bukan kah yang lebih baih pas selesai sholat fardu?gajinya memang gak harus tinggi ya.nanti lain kata orang.hehehe

     

    pada28 Maret 2009 12.50, Anonymous eljudge bilang…

    Ter kadang emang bgitu menraiknya koran hingga akhirnya kitab suci tak tersentuh lagi....

    tapi iny4JJl bukan karena koran, karena orangnya ja yang bgitu...

     

    pada28 Maret 2009 14.10, Blogger Arif BE bilang…

    Subhanallah...

     

    pada28 Maret 2009 14.49, Anonymous vicky bilang…

    @afjuge
    maksudnya apa nih?

     

    pada29 Maret 2009 12.31, Blogger nna bilang…

    Emang sih banyak faktor knp doa kita kayanya susah banget buat dikabulin tapi kan sebagai manusia kita memang banyak melakukan kesalahan dan gak sempurna.
    Aku pribadi sih banyak minta yang terbaik jja buat aku dan orang-orang yang aku sayang.Walau sii keliatannya mang nyakitin tapi kalu mang itu yang terbaik mau di apain lagi.

    Ihh ngacapruk teu puguh...
    hheu...
    sedang pusing harap di maklumi

     

    pada29 Maret 2009 12.34, Blogger vicky bilang…

    @nna
    iya mbak aku maklumin kok^^

     

    pada29 Maret 2009 17.08, Anonymous phonank bilang…

    Pastilah...

    bagaimana kita berdoanya saja, serius dan jangan main-main... pasrti diterima dan dikabulkan,

     

    pada29 Maret 2009 18.03, Blogger vicky bilang…

    @phonank
    bener tuh^^

     

    pada1 April 2009 09.48, Anonymous BlogM bilang…

    Yang duduk di atas sejadah itu siapa friend ? hahaha....

     

    pada1 April 2009 18.49, Blogger vicky bilang…

    @blogM
    aku mas.pas aku masih kecil.hahahaha

     

    pada17 April 2009 18.00, Anonymous Made Gelgel bilang…

    SETUJU!!!

    kuncinya ada di keseriusan kita!!!

     

Posting Komentar

<< Home
 
Waktu

cuit...cuit...
Profil
Profil Facebook Vicky Mahendra
Buat lencana kamu sendiri
posting
ngobrol

kunjungi juga blog ini ya^^



ehm...ehm...
wah.....
Aduch....




blog-indonesia.com 100 Blog Indonesia Terbaik
huk...huk...
Palanta - Ekspresikan Dirimu Melalui Blog
rumah blogger


Blogger Indonesia

BLOGGER




exchange(ambil disini)
---->LiNK<-----

--->BaNnER<---








 

© 2008 dirancang oleh VICKY   catatan vicky