Kamis, 26 Februari 2009
mengetahui lebih dekat tentang smile/emotion
dipostingan oleh Vicky Mahendra
jam 08.15
Sebelumnya terima kasih banyak n.telah memberi komment ultah saya.aku jadi bahagia.terima kasihn banyak.sekarang kita bahas singkat apa itu smiles?masa gak smiles?eksperi wajah pasti ada smilenya.ternyata ada sejarahnya loh..dan disini juga ada bermacam smile.Kehadiran smiley/emoticon yang tepat dapat membantu pembaca blog untuk mengekspresikan perasaan pada komentar yang mereka tulis dengan lebih menarik. Begitupun untuk penggunaan pesan email, chat, forum, situs jejaring sosial dan layanan lainnya. Pembaca yang lain juga menjadi mudah untuk menangkap emosi penulis, mencegah kesalah pahaman yang sering terjadi saat si penulis ingin membuat joke (candaan) tapi disalah artikan sebagai penghinaan oleh pembaca yang lain. (dan gambar cover ini smile yang pertama kali dibuat)

Untuk itulah pada 19 September 1982 Scott Fahlman (Professor Ilmu Komputer di Univ. Carnegie Mellon) pada bboard (bulletin boards) CMU CS membuat pesan dengan rangkaian karakter yang menunjukkan sebuah ekspresi, sehingga tanggal tersebut menjadi awal kelahiran smiley di dunia maya. Smiley yang pertama kali hanya berupa rangkaian karakter ASCII seperti ini, :-) . Karena bentuknya jika dilihat dengan memiringkan kepala ke kiri terlihat seperti wajah yang sedang tersenyum, maka disebutlah sebagai smiley/smilie.

Setelah sekian lama tidak diketahui khalayaknya, akhirnya pesan bersejarah tersebut berhasil ditemukan oleh Jeff Baird dkk pada 10 September 2002 dari tempat backup berupa pita penyimpanan spice vax (cmu-750x) yang pernah digunakan pada antar tahun 1981-1983. Berikut ini petikannya:

19-Sep-82 11:44    Scott E  Fahlman             :-)
From: Scott E Fahlman

I propose that the following character sequence for joke markers:

:-)

Read it sideways. Actually, it is probably more economical to mark
things that are NOT jokes, given current trends. For this, use

:-(


Hanya dalam hitungan bulan penggunaannya telah menyebar melalui ARPANET (internet pertama kali) dan Usenet. Berbagai variasi karakter pembentuk smiley mulai berkembang dan dibuat oleh Scott dkk.

Untuk melihat keseluruhan pesan di atas, Anda bisa membaca thread "joke" di bboard yang memicu penggunaan smiley untuk yang pertama kalinya, atau bisa juga melihat seluruh isi dari bboard bulan Oktober 1982 yang berhasil di-restore dari pita penyimpanan spice vax. Baca juga kesaksian dari Scott Fahlman mengenai smiley pada halaman situsnya.

Penggunaan smiley ini sudah menyebar luas pada tahun 80-an dan menjadi budaya sosial di dunia maya. Dan sampai saat ini masih banyak dipakai, tapi dengan wujud yang berbeda-beda dan ekspresi yang semakin beraneka ragam. Bentuk smiley dari rangkaian teks sekarang banyak yang diganti dengan gambar kecil/icon, dari situlah muncul sebutan baru, yaitu emoticon (emotion icon).

Tapi, icon berbentuk bulat kuning biasanya tetap disebut sebagai smiley, lalu alternatif untuk lebih cepat dalam menampilkan emoticon digunakan juga rangkaian karakter pembentuk smiley layaknya shortcut. Rangkaian karakter pembentuk smiley ini juga termasuk dalam karya seni ASCII.

Tabel contoh smiley yang umum digunakan, beserta penjelasan arti dan rangkaian karakter pembentuknya

Smiley Keterangan
Image:smile-tpvgames.gif Smiley dengan ekspresi tersenyum biasa ditulis seperti ini, :) atau :-) atau =] atau =)
Image:confused-tpvgames.gif Smiley dengan ekspresi bingung biasanya ditulis seperti ini, :S atau =S atau :?
Image:sad-tpvgames.gif Smiley dengan ekspresi tidak suka/ tidak senang biasanya ditulis seperti ini, :( atau :-( atau =( atau :[ atau :<
Image:shocked-tpvgames.gif Smiley dengan ekspresi kaget biasanya ditulis seperti ini, :o atau =o
Image:misc-tpvgames.gif Smiley dengan lidah menjulur keluar biasanya ditulis seperti ini, :P atau =P atau XP
Image:MilesSmile.png Smiley dengan menunjukkan rangkaian gigi (Miles Smile) biasanya ditulis seperti ini, :D atau =D atau XD atau BD


Untuk mencegah perubahan karakter teks ke bentuk emoticon grafis, biasanya penulis akan membuat karakter smiley yang dibalik secara horizontal seperti ini, (-: .

Sebenarnya smiley bulat berwarna kuning ini muncul lebih dulu dibandingkan yang berupa rangkaian karakter seperti sudah dijelaskan di atas, tapi kemunculan pertama kalinya di dunia nyata bukan di dunia maya. Penciptanya adalah Harvey Ball seorang seniman komersil di Worcester, Massachusetts.

Ball mendesain gambar tersebut pada tahun 1963 untuk perusahaan asuransi State Mutual Life, yang ingin membuat kampanye internal untuk meningkatkan moral kerja para pegawainya. Ball tidak pernah mematenkan bentuk tersebut sehingga menjadi milik publik dan sering digunakan diberbagai kesempatan. Bahkan popularitasnya sampai keluar AS.

Hingga pada tahun 1971 seorang jurnalis asal Perancis bernama Franklin Loufani mematenkan logo smiley yang diberi nama "Smiley World". Dengan nama tersebut dia menjual lisensinya di Eropa. Logo tersebut sudah digunakan oleh 100 lebih negara dan 25 jenis produk barang dan jasa. Harvey Ball mendirikan perusahaan World Smile dan akhirnya mematenkan hasil karyanya dulu pada tahun 1999. Keuntungan dari penjualan lisensi akan disumbangkan untuk membiayai yayasan amal World Smile Foundation.

Anda bisa melihat di sebelah kanan terdapat sebuah gambar beranimasi, dan yang satu ini juga termasuk dalam keluarga emoticon yang diperkenalkan pertama kali di Jepang dengan nama Kaoani. Berasal dari kata kao (wajah) dan ani (animasi). Panggilan lainnya adalah puffs, anime blobs, anikaos atau anime emoticons.

Emoticon jenis ini melakukan gerakan tertentu untuk menunjukkan suatu ekspreasi seperti gerakan melompat, menari dan sebagainya. Kaoani biasanya hanya tampil berupa kepala saja, tetapi mulai banyak juga yang memiliki lengan, setengah badan atau seluruhnya. Inspirasi dalam membuat Kaoani bisa berasal dari hewan, makanan, karakter kartun, gumpalan warna-warni atau gabungan dari semuanya, seperti emoticon Onion Head yang ada di dua pragraf sebelumnya. Desain dari emoticon tersebut diambil dari salah satu jenis sayuran, yaitu bawang putih. Sejak format GIF mendukung animasi format file gambar ini yang selalu digunakan untuk membuat kaoani. Forum, jejaring sosial, blog dan IM kini menjadi lebih hidup dan meriah dengan kehadiran emoticon jenis ini.

Di bawah terdapat beberapa smiley/emoticon menarik yang bisa Anda unduh dalam satu paket ZIP. Nantinya bisa Anda gunakan pada pilihan smiley untuk fitur komentar di blog, forum, IM, dan sebagainya.

Mini

Pidgin Old Tango

Emoticon for Wordpress

Yolks

Say

2S-Space

Blob Emoticons

Manto

Novo Dangos

Purple Pills

Blacy

iChat

Snooker Balls

One Piece

Oz



Ingin mendapatkan jenis smiley/emoticon lainnya? Silakan kunjungi beberapa situs berikut ini yang emoticon-nya bisa langsung Anda pakai.

Smiley klasik (teks):
  • http://www.astro.umd.edu/~marshall/smileys.html
  • http://www.netlingo.com/smileys.php
  • http://www.geocities.com/SoHo/7373/smiley.htm
Smiley biasa:
  • http://www.smileydatabase.com/
  • http://www.smileyarena.com/
  • http://www.33smiley.com/
  • http://www.instantsmileys.com/
Smiley spesial -> untuk membuat yang seperti ini :
  • http://www.smiliegenerator.com/smiliegenerator_eng.html
  • http://www.smileygenerators.com/signgen/
  • http://www.smileydatabase.com/smiley_generator/
  • http://www.instantsmileys.com/smiley-generator/
  • http://www.smileygenerator.us/
Smiley beranimasi:
  • http://www.foxqq.com/ <- terdapat puluhan jenis emoticon
  • http://xtremenitro.org/smiley <- hosting lokal

sumber udaramaya

wellsmile aku yang sering gunakan kaoni.aku baru tau sekarang nama smile itu.dishoutmixku itu ada emotenya.smile mana yang sering kamu gunakan dan sering dijumpai.pengen bikin smile sendiri gak?setelah baca ini..ada mungkin yang kamu sukai

jangan lupa kommentnya

Label:


12 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
Waktu

cuit...cuit...
Profil
Profil Facebook Vicky Mahendra
Buat lencana kamu sendiri
posting
ngobrol

kunjungi juga blog ini ya^^



ehm...ehm...
wah.....
Aduch....




blog-indonesia.com 100 Blog Indonesia Terbaik
huk...huk...
Palanta - Ekspresikan Dirimu Melalui Blog
rumah blogger


Blogger Indonesia

BLOGGER




exchange(ambil disini)
---->LiNK<-----

--->BaNnER<---








 

© 2008 dirancang oleh VICKY   catatan vicky